Pages

Friday, July 11, 2014

Cara Cepat Menghafal

Salam blogger di Bulan yang penuh berkah ini, semoga kita selalu diiringi oleh berkah Allah SWT dalam menjalankan ibadah puasa.
Cara cepat menghapal, yakni:

1. Panca Indera
Di dalam membaca keterampilan memperhatikan perlu kita pelajari, karena akan sulit mengingat sesuatu apabila kita tidak memperhatikan dari awal. Dengan menggunakan kombinasi penglihatan (mata), bunyi (telinga), gerak (tangan dan kaki), bau (hidung), dan rasa (lidah), akan menciptakan memori terkuat.

2. Membuat Kesan
Cara sesuatu agar mudah diingat membuat sesuatu itu lebih berkesan, buat kesan objek yang akan kita ingat secara inspiratif, imajinatif dan berlebih-lebihan.

3. Mainkan Emosi
Buat emosi kita saat ingin mengingat sesuatu dengan kesan yang berbeda, misalkan dengan emosi bahagia. Itu membatu memori kita untuk lebih kuat.

4. Repitisi
Usahakan untuk selalu berkonsentrasi terhadap sesuatu yang ingin kita ingat atau materi yang sedang dipelajari dan mengulangnya dengan cara yang berbeda misal dengan suara yang keras atau membuat irama dan lebih baik jika dibuat peta pikiran.

5. Pasword
Gunakan pasword untuk setiap kata atau sesuatu yang ingin dipejari itu akan membantu untuk mengingat bagian-bagian dalam objek yang dipelajari.

No comments:

Post a Comment

Sobat Blogger!
Alangkah Baiknya Jika Setelah Membaca Tulisan Ini Memberikan Komentar, Berupa Kritik dan Saran.
Yang Membangun Akan Blog Ini.
Terima Kasih.