Renungan Pengkaderan

Realitas tantangan HMI cabang Banjarmasin saat ini adalah bagaimana mengawal roda kaderisasi, roda kepemimpinan, roda kegiatan  di seluruh Komisariat yang berada di bawah naungan HMI Cabang Banjarmasin.
Sebagai organisasi kader yang berazaskan Islam, training menjadi sebuah tugas intern yang dilaksanakan sebagai model pendidikan dalam tubuh HMI dalam rangka mewujudkan tujuan HMI yang termaktub dalam Anggaran Dasar pasal 4 yaitu terbinanya insan akadenis pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT.
Namun demikian, tak hanya sekedar menjalankan sebuah traning. Tetapi traning tersebut, haruslah dilaksanakan dengan standar tinggi, terukur dan efisien. Kegagalan dalam menciptakan sebuah proses pelatihan maka akan berimplikasi terhadap proses pembentukan watak kepribadian, pola pikir, visi, orientasi serta wawasan ke-HMI-an yang paling elementer. Hal ini karena pendidikan HMI tidak hanya sekedar melakukan transfer of knowlage, tetapi juga melakukan transfer of value.
Di dalam pedoman HMI, kita ke depan harus memiliki semangat untuk berkontribusi besar dalam ranah global, semangat untuk mandiri, berdikari di atas kaki tangan sendiri, mengolah dan menjaga kelestarian alam kita. tanah, air dan udara yang kita cintai ini. bagaimana kader-kader HMI mampu mencipta tekhnologi yang ramah kemanusiaan dan lingkungan, juga mencetak pemimpin-pemimpin berkelas dunia, dalam rangka tugas kita sebagai kholifah fil ard, yaitu memakmurkan bumi ini.
Saya pernah berkata "Ibarat saya ini adalah orang tua yang mempunyai anak kemudia saya beri pendidikan anak saya itu ke luar daerah, berselang kemudian anak saya menjadi orang yang sukses & pintar, apakah salah orang tua mu ini meminta anaknya pulang untuk membangun rumah kita terlebih dahulu.???"

kawan-kawan himpunan, mulailah kita memikirkan bagaimana arah perkaderan himpunan ini AKAN KITA BAWA, HARI INI KITA ADALAH NAKHODA dari generasi HMI berikutnya, kalo bukan kita siapa lagi!!

Labels: