Konsumen Narkoba dan Alkohol


Dari segi sosiologis, maka pengguna Narkoba dan Alkohol merupakan salah satu jenis gejala sosial, yang berkenaan dengan individu atau masyarakat. Sebagai salah satu gejala sosial, tentunya memiliki khas yang dapat dirasakan oleh masyarakat, dan dirasakan sebagai perbuatan yang immoral, yang tidak di kehendaki oleh kelompok pergaulan yang bersangkutan, dan secara sadar di tentang oleh pemerintah.
Orang yang menggunakan Narkoba dan Alkohol merupakan penyimpangan yang terjadi di kalangan masyarakat. Masalah alkoholisme dan narkoba pada kebanyakan masyarakat pada umumnyatidak berkisar pada apakah Narkoba itu boleh atau di larang dipergunakan. Persoalan pokoknya adalah siapa yang boleh menggunakannya, dimana, bilamana, dan dalam kondisi yang bagaimana. Umumnya orang awam berpendapat bahwa alkohol dan narkoba merupakan stimulant, padahal sesungguhnya merupakan racun yang mempunyai efek depresan pada system syaraf.
Akibatnya, seorang pecandu semakin kurang kemampuanya untuk mengendalikan diri, baik secara fisik, psikologis maupun sosial.
Dalam kenyataanya, masyarakat mempunyai pengaruh tertentu terhadap pengguna barang tersebut. Dalam masyarakat sekarang berkembang pola sikap tertentu terhadap perilaku minum-minum. Secara tradisional minum-minum merupakan acara yang mempunyai berbagai fungsi, antara lain, untuk memperlancar pergaulan.
Dan kebanyakan yang mengkonsumsi Narkoba dan Alkohol, adalah remaja. Karena remaja cendrung energetic, selalu ingin tahu, emosi tidak stabil, dan mengukur segalanya dengan ukurannya sendiri dengan cara berfikir tidak logis. Kadang remaja melakukan hal-hla di luar norma untuk mendapatkan pengakuan tentang keberadaan dirinya di masyarakat, salah satunya adalah menggunakan Narkoba dan Alkohol tadi, di tinjau dari aspek social, masalah ini bukan hanya berakibat negative terhadap diri penyandang masalah saja, melainkan membawa dampak juga terhadap keluarga, lingkungan social, lingkungan masyarakatnya, bahkan dapat mengancam dan membahayakan masa depan bangsa dan Negara.
 Seseorang menggunakan Narkoba dan Alkohol, itu tentu memiliki factor atau sebab, kenapa menggunakan barang tersebut, faktornya di antaranya:
  1. faktor coba-coba
  2. pelarian terhadap masalah hidup yang sedang dialaminya.
  3. Pernyataan kebebasan.Identifikasi kelompok.

Sedangkan beberapa penyebab remaja dan anak-anak yang masih sekolah terjerumus dan mengkonsumsi Narkoba dan Alkohol, antara lain :
  1. Akibat kesibukan orang tua yang kurang memperhatikan anaknya.
  2. Broken home, anak-anak kehilangan bimbingan karena rumah tangga orang tua berantakan.
  3. Perubahan social dan cara hidup.
  4. Menemukan kesulitan dalam pelajaran.
  5. Mobilitas pemuda dalam lingkungan yang kurang baik.
  6. Kurangnya informasi tentang bahaya Narkoba dan Alkohol.

Secara umumnya faktor yang menyebabkan remaja mengkonsumsi narkoba dan alcohol yaitu: faktor orang tua, faktor ingin tau, faktor teman, faktor lingkungan sekitar, faktor pribadi.




Labels: